Sabtu, 31 Juli 2010

Saling Berjabat Tangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Lama sudah saya tak menuliskan Posting dikarenakan sibuk memasduki bangku perkuliahan
nah mari kita mulai pembahasan kita tentang saling berjabat tangan.

Seorang Muslim ketika bertenu dengan saudaranya semestinya saling mengulurkan tangan kanannya untuk berjabat tangan. Perbuatan ini bisa menumbuhkan kelembutan, kasih sayang, kecintaan dan pahala yang besar.

Dalam sebuah hadits dari Salman Al-Farisi bahwasannya Rasul bersabda :

"Seorang muslim jika bertemu saudaranya dab verjabat tangan dengannya maka verjatuhanlah dosa mereka verdua seperti bergugurannya daun dari pohonnya di musim kemarau, diampuni dosa keduanya walaupun seluas samudra" ( HR: Ath Thabrani dengan sanad hasan )

Seorang Muslim ketika datang dari suatu perjalanan, kemudian bertemu dengan saudaranya atau sahabatnya, tidak mengapa untuk memeluknya sebagai tanda gembira atas kedatangannya. Dalam sebuah Hadits disebutkan :

" Para Sahabat Nabi apabila mereka bertemu mereka saling berjabat tangan, dan apabila baru datang dati suatu perjalanan mereka saling berpelukan." ( HR: Ath-Thabrani )

Lalu bagaimana jika kita berjabat tangan dengan sepupu ataupun saudara ipar atau teman kerja maupun tetangga rumah ??? Selama mereka yang disebutkan itu bukan wanita kita tetap diperbolehkan melakukan jabat tangan. TAPI apabila mereka itu wanita, maka kita bagi yang pria diharamkan kita berjabat tangan maupun memeluknya. Barangsiapa yang melakukannya maka diwajibkan bertaubat kepada ALLAH SWT.

Tapi jika kita tetap terapkan apa yang telah diatur dinegara kita yang memiliki ikatan keluarga yang sangat kuat, bagaimana??? Nah untik itu kita selaku umat mislim yang taat kepada ALLAH dan RASUL, kita harus menimbang semua apa yang ada di hukum islam yang ada maka dari itu mari kita lakukan salaman yang muslim dengan cara pada saat kita hendak bersalaman dengan oeang yang bukan muhrim kita batasi.

Sukkran jiddan. Keep Our Iman

Wassalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar: